Tangani Komplain Kerusakan Produk Lebih Efisien: Studi Kasus Penggunaan Advotics pada PT Mitra Rubber Industries

Tangani Komplain Kerusakan Produk Lebih Efisien: Studi Kasus Penggunaan Advotics pada PT Mitra Rubber Industries

Table of Contents

Kerusakan produk merupakan hal yang tidak dapat dihindari dalam proses distribusi.  Berdasarkan survei yang dilakukan Packaging Digest, angka kerusakan produk dalam proses distribusi dapat mencapai 11%. Kerusakan disebabkan oleh beberapa hal seperti penanganan produk, prosedur penyimpanan, hingga masalah transportasi. Penanganan komplain dengan metode manual sering kali dianggap kurang efektif karena besarnya kemungkinan terlewat atau human-error di saat petugas harus membaca & mengurutkan berkas/e-mail yang masuk. 

Salah satu klien Advotics, PT Mitra Rubber Industries (PT MRI) menggunakan fitur service ticket Advotics untuk menangani pelaporan pelanggan mereka terkait kerusakan produk. PT Mitra Rubber Industries, merupakan perusahaan yang bergerak di bidang industri otomotif berbasis karet, yang memproduksi produk Infinera (ban sepeda motor) dan Indotube (ban dalam truk). 

Simak studi kasus di PT Mitra Rubber Industries, mulai dari proses distribusi, kendala, hingga keunggulan yang ditawarkan Advotics sehingga membuat proses penanganan komplain pada PT Mitra Rubber Industries menjadi lebih cepat. 

Skema & Proses Distribusi PT Mitra Rubber Industries

Secara garis besar, PT Mitra Rubber Industries memiliki 2 skema distribusi di antaranya: 

  • Indirect melalui pola dealership ( ± 40 dealer/distributor di seluruh Indonesia)
  • Direct melalui Original Equipment Manufacturer (OEM), key account (importir, tambang, dan lain sebagainya)

Proses distribusi yang dilakukan PT MRI dapat diturunkan menjadi 3 jenis yaitu distribusi langsung kepada pengguna, penjualan kembali kepada reseller, hingga project khusus bersama partner (power partner). 

Kendala distribusi yang dialami PT Mitra Rubber Industries

Pada pola indirect, sebelum melakukan pitching bersama dealer, pihak MRI terlebih dahulu akan melakukan pemetaan dan proses seleksi terkait latar belakang dealer yang juga berasal dari sektor otomotif, untuk mengurangi terjadinya kendala distribusi secara high-level

Kendala justru terjadi karena adanya faktor-faktor penyebab kerusakan pada produk seperti, kesalahan pemasangan (handling fault), kendala pada saat distribusi, dan peruntukan produk yang tidak sesuai 

Sebelumnya, pelaporan/komplain mengenai kerusakan produk dilakukan secara manual lewat e-mail, di mana seringkali petugas dealer tidak mencantumkan seluruh alamat email PIC PT MRI yang perlu dituju, sehingga terlewat penanganannya. Selain itu, pelacakan progres penanganan kerusakan produk juga sulit dilakukan jika menggunakan email. 

Bagaimana Advotics Membantu PT Mitra Rubber Industries? 

Kini, PT Mitra Rubber Industries telah menggunakan Advotics untuk mengelola laporan/komplain terkait kerusakan produk yang mereka terima. Perwakilan pihak dealer dapat melaporkan produk yang mengalami kerusakan tersebut melalui fitur service ticket Advotics. 

Informasi yang diinput oleh pihak dealer pada fitur service ticket, langsung dari aplikasi mobile Advotics, meliputi: 

  • Foto/video (bukti kerusakan)
  • SKU produk 
  • Jumlah produk

Web portal Advotics kemudian memproses laporan secara terpusat dan otomatis sehingga isu dari dealer dapat segera ditangani secara langsung oleh PT Mitra Rubber Industries sebagai prinsipal. Jika dibutuhkan klarifikasi lebih lanjut, misalnya foto tambahan, seluruh komunikasi antara dealer dan PIC dari PT MRI, dapat  diakomodasi langsung pada sistem Advotics.

Sesuai SOP, pemrosesan laporan dilakukan oleh tim Quality Analyst (QA) dengan dua hasil pemeriksaan yakni manufacturing fault dan end-user fault. Jika hasil analisis menunjukan end-user fault, pihak PT MRI akan mengupload claim sheet pada service ticket yang berisi keterangan bahwa barang tidak dapat diganti. Sebaliknya, akan dilakukan penggantian jika terjadi manufacturing fault

Baik dealer maupun pihak internal PT MRI dapat memantau kemajuan penanganan komplain, mana tiket yang sudah selesai diproses, dan mana tiket yang menunggu tanggapan dari pihak dealer maupun PT MRI.

FAQ

1. Bagaimana PT Mitra Rubber Industries melakukan seleksi dan pemetaan terhadap dealer sebelum melakukan pitching, dan apakah hal ini membantu mengurangi kendala distribusi secara keseluruhan?

PT Mitra Rubber Industries melakukan seleksi dan pemetaan dealer dengan mempertimbangkan latar belakang dealer yang berasal dari sektor otomotif sebelum melakukan pitching. Hal ini membantu mengurangi kendala distribusi secara keseluruhan dengan memastikan bahwa dealer memiliki pemahaman yang baik tentang industri otomotif dan dapat memberikan layanan yang baik kepada pelanggan.

2. Apa saja faktor-faktor penyebab kerusakan produk yang sering dialami oleh PT Mitra Rubber Industries dalam proses distribusinya, dan bagaimana mereka mengatasi tantangan ini?

Faktor-faktor penyebab kerusakan produk yang sering dialami oleh PT Mitra Rubber Industries termasuk kesalahan pemasangan (handling fault), kendala pada saat distribusi, dan peruntukan produk yang tidak sesuai. Untuk mengatasi tantangan ini, mereka menggunakan sistem service ticket Advotics untuk melacak dan menangani pelaporan kerusakan produk dengan lebih efisien.

3. Bagaimana Advotics memfasilitasi proses penanganan komplain terkait kerusakan produk bagi PT Mitra Rubber Industries, dan apa keunggulan sistem service ticket Advotics dibandingkan dengan pelaporan manual? Bagaimana hal ini mempengaruhi kecepatan dan efisiensi dalam penanganan komplain?

Advotics memfasilitasi proses penanganan komplain terkait kerusakan produk bagi PT Mitra Rubber Industries dengan menyediakan fitur service ticket yang memungkinkan perwakilan dealer untuk melaporkan kerusakan produk secara langsung melalui aplikasi mobile Advotics. Keunggulan sistem service ticket Advotics dibandingkan dengan pelaporan manual adalah peningkatan kecepatan dalam penanggulangan komplain, kemudahan dalam proses analisis, dan pemetaan penyebab kerusakan produk. Hal ini memungkinkan PT Mitra Rubber Industries untuk merespons lebih cepat terhadap komplain pelanggan dan meningkatkan kepuasan pelanggan secara keseluruhan.

kezia

Recent Posts

Maksimalkan Manajemen Tata Letak Gudang Jadi Lebih Praktis!

Yuk! simak tips berikut agar manajemen tata letak gudang Anda jadi lebih efisien dan tingkatkan…

6 months ago

7 Indikator Loyalitas Pelanggan

Sejauh mana sebuah brand berhasil mendapatkan hati pelanggan? Simak 7 indikator loyalitas pelanggan di artikel…

12 months ago

Loyalitas Pelanggan: Definisi dan Cara Meningkatkannya

Selain menerapkan strategi optimal untuk meningkatkan jumlah pelanggan, perusahaan juga perlu memperhatikan faktor loyalitas pelanggan.…

12 months ago

Point of Sales: Mengapa Penting dalam Bisnis dan Tips Memilih POS

Apa saja fungsi layanan Point of Sales dalam penjualan? Apakah tanpa penggunaan POS sistem transaksi…

12 months ago

Tips Kelola Stok Barang di Musim Hari Raya

Apa langkah efektif untuk mengelola stok barang jelang hari raya Lebaran? Simak penjelasan selengkapnya di…

1 year ago

Strategi Distribusi Optimal Jelang Hari Raya

Apa saja strategi distribusi yang bisa Anda lakukan untuk membuat proses distribusi jadi lebih optimal…

1 year ago

This website uses cookies.